Kajian Al-qur'an Pagi & Petang

Kamis, 23 Februari 2012

Berbuat Baik kepada Ibu Bapak

ORANG TUA sebagai lantaran yang diberikan ALLAH untuk kita sebagai sosok seseorang yang sangat berjasa kepada diri kita dalam rangka mendidik kita membesarkan kita dan menjaga kita. sehingga sebagai anak kita wajib berbuat baik kepada beliau walau bagai manapun keadaan beliau dan keadaan kita.. perintah berbuat baik ini yaitu langsung dari ALLAH dalam firmanNYA:


"Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS. 17:23)

Walaupun kita dilarang mengucapkan kata-kata bantahan ("AH") kepada mereka tetapi itupun ada batasannya, yaitu jika mereka (orang tua kita) menyuruh untuk mempersekutukanNYA, atau melanggar perintah-perintahNYA, kita tidak boleh mengikutinya tetapi kita tetap diwajibkan untuk berbuat baik kepada keduanya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar